UPAYA PENINGKATAN KEBERSIHAN DESA MELALUI EDUKASI BAKTI LINGKUNGAN DI DESA BANJAR

Authors

  • Siti Halimatus Sa’diyah Mahasiswa
  • Nasirudin Al Ahsani
  • Hapidi Hapidi

DOI:

https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.99

Abstract

Desa Banjar merupakan salah satu desa yang terletak di kecamatan Licin Kabupaten Banyuwangi yang terdiri dari 4 Dusun yaitu Dusun Rembang, Dusun Putuk, Dusun Salakan, dan Dusun Krajan. Adapun luas wilayah desa Banjar adalah 829,46 Ha. Desa Banjar merupakan desa yang memiliki ciri khas tersendiri yakni nasi lemeng dan kopi utek. Serta desa banjar juga memiliki tempat wisata yaitu "sriwulung" yang terletak di dusun Rembang dan "agro wisata" yang terletak di dusun Putuk. Dari potensi yang cukup luar biasa yang dimiliki desa Banjar, terdapat beberapa hal yang masih perlu ditingkatkan salah satunya adalah dalam hal kebersihan. Dalam melakukan pengabdian ini kami dibantu oleh kepala desa, kepala dusun Banjar, karangtaruna, serta di bantu oleh kekompakan masyarakat dusun Rembang. Pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan Dimana ketika masyarakat sadar lingkungan pasti dapat meningkatkan potensi yang ada di desa Banjar serta dapat menumbuhkan pertumbuhan ekonomi. Adapun hasil dari pengabdian ini adalah semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan yang tentunya meningkatakan kebersihan di desa Banjar.

Kata Kunci: Kebersihan Desa, Bakti Lingkungan, Desa Banjar

References

Arif, Zulkifli. (2014). Dasar-Dasar Ilmu Lingkungan. Jakarta: Salemba Teknika.

Joko, Suyanto. (2010). Gender dan Sosialisasi. Jakarta: Nobel Edumedia.

LP2M. (2021). Darft Asset Bassed Community Development (ABCD). Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Mirza, Maulana. (2019). Asset Based Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat di Desa Wisata Ledok Sambi Kaliurang. Jurnal Empower, 4(2), 267.

Nain, Umar. (2019). Pembangunan Desa Dalam Perspektif Sosiohistoris. Makkasar: Garis Khatulistiwa

Neolaka Amos. (2008). Kesadaran Lingkungan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Profil Desa Banjar 2017

Syani, Abdul. (2007). Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan, Cet. III. Jakarta: Aksara.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Downloads

Published

2021-10-19

How to Cite

Sa’diyah, S. H., Ahsani, N. A. ., & Hapidi, H. (2021). UPAYA PENINGKATAN KEBERSIHAN DESA MELALUI EDUKASI BAKTI LINGKUNGAN DI DESA BANJAR. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(2), 117-126. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.99