OPTIMALISASI PARIWISATA SENDANG SERUNI DI DESA TAMANSARI KABUPATEN BANYUWANGI

Authors

  • Muzayyin IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i1.78

Keywords:

Sendang Seruni, QR Code, Penamaan Gazebo

Abstract

Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten yang memiliki banyak destinasi wisata, salah satunya wisata alam Sendang Seruni yang terletak di Desa Tamansari. Wisata Sendang Seruni dirasa sangat berpotensi dalam hal meningkatkan pembangunan ekonomi masyarakat sekitar seperti meningkatkan pendapatan masyarakat, pendapatan daerah, dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah menyelesaikan permasalahan yang ada di wisata Sendang Seruni sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dengan peningkatan kualitas pelayanan sarana dan prasarana yang ada. Dalam penelitian kali ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif, yang mana penelitian dilakukan dengan cara wawancara dengan narasumber serta melakukan observasi sebagai penunjang penelitian serta menggunakan analisis Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat (SWOT), sehingga hasilnya dapat dipahami dengan mudah. Hasil dari pembahasan ini dapat menjawab permasalahan dan mengoptimalkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara di Sendang Seruni dengan memberikan program inovatif berkelanjutan, yaitu memanfaatkan kondisi alam yang ada menjadi wisata alam dan edukasi dengan memanfaatkan digitalisasi tanaman dan filosofinya melalui sistem QR Code. Selain itu, program pembuatan papan nama gazebo Sendang Seruni yang dapat memudahkan wisatawan yang datang ke Sendang Seruni.

 

References

Afiefudin, M., Hamro, Z., & dkk. (2019). Digitalisasi Tanaman Toga Berbasis QR-Code sebagai Alternatif Pendidikan Konservasi untuk Mewujudkan Kader Konservasi. Jurnal Bina Desa, 1(2), 36-40.

Moleong, J. L. 2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Muliawan, H. 2008. Pengembangan Pariwisata Berbasis Masyarakat Konsep dan Implementasi, tanpa kota: tanpa penerbit.

Poerwandari, E. Kristi. 2009. Pendekatam Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi Fakultas Psikologi UI.

Rahmat, P., Didin, S., & Sopa, M. (2018). Perancangan Model Wisata Edukasi di Objek Wisata Kampung Tulip. Jurnal ABDIMAS BSI, 32-38.

Wijayanti, A. (2017). Analisis Dampak Pengembangan Desa Wisata Kembang Arum Terhadap Perekonomian Masyarakat Lokal. Tesis. Sarjana Wiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Yulianto. (2018). Optimalisasi Pengembangan Wisata Watu Goyang di Desa Cempluk Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan. Journal of Indonesian Tourism, Hospitality, and Recreation, 1(2), 97-105.

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Muzayyin. (2021). OPTIMALISASI PARIWISATA SENDANG SERUNI DI DESA TAMANSARI KABUPATEN BANYUWANGI. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(1), 93-102. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i1.78