Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengolahan Pisang dan Singkong Di Dusun Ledok Kabupaten Banyuwangi

Authors

  • Abdul Choliq IAIN Jember
  • Iqdatul Amalia IAIN Jember
  • Qurrotun Aini IAIN Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.29

Keywords:

Pemberdayaan Ekonomi, Pengolahan Pisang dan Singkong

Abstract

ABSTRAK

Dusun Ledok Desa Jelun, Licin, Banyuwangi memiliki banyak potensi hasil pertanian maupun tegalan yang belum terkelola dengan baik. Terutama yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Kehadiran mahasiswa IAIN Jember yang sedang melakukan KKN berhasil mengedukasi masyarakat setempat. Yaitu, melatih warga mengolah hasil buminya yang berlimpah menjadi lebih bernilai ekonomis.

Hasil bumi seperti pisang dan singkong yang semula hanya dikonsumsi untuk kebutuhan sendiri, akhirnya diubah menjadi kripik dengan berbagai varian rasa. Warga mendapat pelatihan mengolah pisang dan singkong menjadi keripik aneka rasa dari mahasiswa. Bahkan, warga juga diajari cara memasarkan kripik aneka rasa itu secara online maupun offline.

Melalui pelatihan pengolahan dan pemasaran kripik aneka rasa ini bisa menambah penghasilan baru atau penghasilan tambahan bagi warga setempat. Termasuk bisa memberi pekerjaan ibu-ibu maupun warga yang tidak memiliki pekerjaan. Sekaligus, kripik pisang dan singkong aneka rasa ini menjadi oleh-oleh khas produksi warga Dusun Ledok.

Kehadiran mahasiswa melakukan pengabdian telah membawa perubahan sosial ekonomi bagi warga Dusun Ledok. Warga masyarakat tidak hanya bekerja menjadi petani tetapi juga bisa memproduksi kripik pisang dan singkong yang bisa memberi nilai tambah ekonomis.

References

Nugraheni, Mutiara. 2018. Pengolahan Pisang dan Singkong. Universitas Negeri Yogyakarta.

Indardi. “Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pembuatan Kripik Singkong Di Semuluh Kidul, Semeru, Gunung Kidul”. Jurnal Berdikari, Vol. 6 No. 1 Februari 2018.

Vinny Makarawung, Paulus A. Pangemanan, Caroline B.D. Pakasi. “Analisis Nilai Tambah Buah Pisang Menjadi Keripik Pisang Pada Industri Rumah Tangga Di Desa Dimembe Kecamatan Dimembe”. Jurnal AGRI-SOSIOEKONOMI, Volume 13 Nomor 2A, Juni 2017: 83-90.

Afifah Nurmaimanah, Prayoga Suryadharma. “Peningkatan Mutu Organoleptik Keripik Pisang Produksi Kelompok Wanita Tani di Desa Neglasari”. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, Maret 2020, Vol 2 (2) 2020: 257-262.

I Made Kastiawan, Tiurma Wiliana Susanti P, Rini Rahayu Sihmawati. “Kajian Pengembangan Industri Rumah Tangga Keripik Desa Wonodadi Kulon Pacitan”. Jurnal Pengabdian LPPM Untag Surabaya Nopember 2015, Vol 01, No. 02, hal 203-210.

http://www.p2ptm.kemkes.go.id/artikel-sehat/khasiat-dan-manfaat-pisang

https://www.jurnal.id/id/blog/apa-itu-wirausaha-bagaimana-cara-menjadi-wirausaha-sukse/

https://www.alodokter.com/manfaat-singkong-bagi-kesehatan-serta-fakta-lainnya

https://www.pertanianku.com/mengulik-sejarah-budidaya-singkong-di-Indonesia/

Downloads

Published

2021-10-19

How to Cite

Choliq, A., Amalia, I., & Aini, Q. (2021). Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengolahan Pisang dan Singkong Di Dusun Ledok Kabupaten Banyuwangi. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(2), 93-108. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.29