Edukasi Kewirausahaan Melalui Digital Marketing Home Industry Dodol Belimbing, Desa Mojo, Bojonegoro

Entrepreneurship Education Through Digital Marketing Home Industry Dodol Belimbing, Mojo Village, Bojonegoro

Authors

  • May Firdaw Arifiyyati UIN Walisongo Semarang
  • Ulin Nihayah UIN Walisongo Semarang
  • Khusnul Khotimah UIN Walisongo Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35719/ngarsa.v2i1.283

Keywords:

Home Industry, Digital Marketing, Dodol Belimbing

Abstract

The Covid-19 pandemic that occurred in Indonesia had many impacts, the economy. Seeing the slowing pace of the Indonesian economy, there is a need for economic development to overcome the problems that occur due to the economy. Efforts that can be made to develop the economy through the MSME sector are economic digitization according to the demands of the era of the industrial revolution 4.0. Although currently many MSME actors apply information technology in conducting their business, not a few understand and understand the benefits and ways of using information technology. Digital marketing is an urgency for every business actor, because it has many advantages over conventional methods, making digital marketing a better choice for the business sector. One of them is to make it easier for business actors to provide consumer needs, as well as to monitor the running of the business. The research method used is Participatory Action Research. The purpose of this research is to provide knowledge and understanding related to the internet/social media and its use in the promotion of starfruit dodol products. The research has the following results: (1) Understanding of business actors related to digital marketing, (2) Product promotion using social media. Therefore, this research becomes a very important thing for assistants in economic development.

Pandemi Covid- 19 yang terjadi di Indonesia memberikan banyak dampak, baik di bidang politik, hokum, sosial, pendidikan, bahkan ekonomi. Melihat laju perekonomian Indonesia yang melambat, perlu adanya pengembangan ekonomi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi akibat ekonomi. Upaya yang dapat dilakukan untuk pengembangkan ekonomi melalui sektor UMKM adalah digitalisasi ekonomi sesuai tuntutan zaman revolusi industry 4.0. Meskipun saat ini banyak pelaku UMKM yang menerapkan teknologi informasi dalam melakukan usahanya, tak sedikit yang mengerti dan memahami manfaat dan cara penggunaan teknologi informasi. Digital marketing menjadi sebuah urgensi bagi setiap pelaku usaha, karena memiliki banyak kelebihan dari cara konvensional membuat digital marketing menjadi pilihan yang lebih baik dilakukan bagi sektor usaha. Salah satunya adalah untuk memudahkan pelaku usaha dalam menyediakan kebutuhan konsumen, selain itu juga untuk memantau jalannya usaha. Calon konsumen pun menjadi lebih mudah dalam mencari informasi yang berkaitan dengan usaha terkait. Metode penelitian yang digunakan adalah Participatory Action Research. Metode penelitian ini aktif melibatkan seluruh pihak yang ada di dalam masyarakat serta stakeholder untuk mengatasi problematika untuk tujuan kehidupan masyarakat yang lebih baik. tujuan melakukan penelitian ini adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman terkait internet/media sosial dan pemanfaatannya dalam promosi produk dodol belimbing. Penelitian memiliki hasil berupa : (1) Pemahaman pelaku usaha terkait digital marketing, (2) Promosi produk menggunakan media social. Maka dari itu, penelitian ini menjadi suatu hal yang sangat penitng untuk pembantu dalam pengembangan ekonomi.

Author Biographies

Ulin Nihayah, UIN Walisongo Semarang

Fakultas Dakwah dan Komunikasi

Khusnul Khotimah, UIN Walisongo Semarang

Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan

References

Andajani, Erna, Fitri Novika Widjaja, and Andriani Eko Prihatiningrum. 2017. “Pengembangan Potensi Desa Wisata Melalui Analisa SWOT Di Kecamatan Kalitidu Bojonegoro.” Senaspro2 909–15.

Aprillia, Ade Rani, Dwi Cahyono, and Ari Sita Nastiti. 2021. “Systematic Literature Review (SLR): Keberhasilan Dan Kegagalan Kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).” Jurnal Akuntansi Terapan Dan Bisnis 1(1):35–44. doi: 10.25047/asersi.v1i1.2681.

Chaeriyantama, Fahmi, Mustika Mustika, and Muhammad Demsi Dupri. 2021. “Pembuatan Video Iklan Sebagai Medai Promosi Universitas Muhammadiyah Metro Menggunakan Metode MDLC.” Jurnal Mahasiswa Sistem Informasi (JMSI) 2(2):154–65.

Dondick D Wiroto, Rahmatiah. 2017. “Proceeding of Community Development Sosialisasi Kepada Pelaku Usaha Mengenai Pentingnya Pendampingan , Pembimbingan , Pelatihan Dan Pengkaderan.” 1:162–72.

Emiliasari, Raynesa Noor, E. Kosmajadi, Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Majalengka, Jawa Barat, Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Majalengka, and Jawa Barat. 2020. “Pendampingan Penerapan Manajemen Pemasaran.” Jurnal PARAHITA ABDIMAS Jurnal Pengabdian Masyarakat 1(2):106–15.

Hamzah, Radja Erland. 2021. “Pemanfaatan Digital Marketing Oleh Pelaku UMKM Di Kuningan Barat, Jakarta Selatan.” Jurnal Pustaka Dianmas 1(1):12.

Harto, B., A. Rozak, and A. Y. Rukmana. 2021. “Strategi Marketing Belah Doeren Melalui Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Dimediasi Brand Image.” … Administrasi Bisnis (e-Journal) 7(1):67–74.

Hikmah, A. L., Muhammad Aziz, A. L. Hikmah, and Muhammad Aziz. 2021. “Al Hikmah.” 11(September).

Hutabarat, Peny Meliaty. 2021. “PODCAST DAN PERSONAL BRANDING : POTENSI PODCAST SEBAGAI MEDIA UNTUK MEMBANGUN PERSONAL BRAND PELAKU UMKM DENGAN PENDEKATAN.” 4(1).

Hutami, Lusia Tria Hatmanti, Desy Tri Inayah, Ari Widya Utami, Adelia Rantika, and Sari. 2019. “EDUKASI STRATEGI DIGITAL MARKETING DAN TIPS WIRAUSAHA PADA MASA PANDEMI DI DUSUN BUTUH, DESA CUCUKAN.” 1(03):105–12.

Idah, Yusida Munsa, and Muliasari Pinilih. 2020. “Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM.” Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers “Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX” 9(1):195–204.

Indarto, Indarto, and Djoko Santoso. 2020. “Karakteristik Wirausaha, Karakteristik Usaha Dan Lingkungan Usaha Penentu Kesuksesan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah.” Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis 13(1):54. doi: 10.26623/jreb.v13i1.2202.

Irfani, Hadi, Fitri Yeni, and Rika Wahyuni. 2020. “Pemanfaatan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Pada Ukm Dalam Menghadapi Era Industri 4.0.” JCES (Journal of Character Education Society) 3(3):651–59.

Khairil Hamdi. 2019. “Pengembangan Usaha Kuliner Home Industri Sebagai Peluang Kaum Perempuan Menuju Industri Kreatif.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3:110–16. doi: 10.31849/dinamisia.v3i2.2867.

Khairunisa, Natashya. 2021. “FENOMENOLOGI KOMUNIKASI INTERNSHIP DALAM KEGIATAN PEMASARAN SOSIAL DI AKUN INSTAGRAM @ ALPUKATBETAWI.”

Ludiya, Eka, Aam Rachmat Mulyana, Fakultas Ekonomi, Universitas Jenderal, and Achmad Yani. 2020. “Pengaruh Karakteristik Wirausaha Dan Inovasi Terhadap Kinerja Usaha Pada Umkm Fashion Di Kota Cimahi Influence of Entrepreneurial Characteristics and Innovation on Business.” KINERJA: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen 17(1):113–20.

NAIMAH, RAHMATUL JANNATIN, MUHAMMAD WAHYU WARDHANA, RUDI HARYANTO, and AGUS PEBRIANTO. 2020. “Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM.” Jurnal IMPACT: Implementation and Action 2(2):39. doi: 10.31961/impact.v2i2.844.

Nasyrullah, Rizki, and Assyari Abdullah. 2020. “IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING BANGBELI APPS DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGGUNA DI KALANGAN UMKM 1 Sri Pendahuluan Dengan Pesatnya Perkembangan Teknologi , Dunia Digital Dan Internet Tentu Juga Berimbas Pada Dunia Pemasaran Dimana Banyak Perusahaan Maupun.” 2(5):236–54.

Nugraha, Aliffia Agustina, Eka Novita Sari, Navissya Dzuchroidah, and Afiyah Nur K. 2021. “PERAN DIGITAL MARKETING BAGI WIRAUSAHA PEMULA DI DESA SAMBONG DUKUH KABUPATEN JOMBANG.” 5(02):29–34.

Oktaviasari, I. N. 2020. “Pengorganisasian Masyarakat Dalam Upaya Peningkatan Konsumsi Obat Alami Melalui Pemanfaatan Pekarangan Rumah Di Dusun Delik Desa Jombangdelik ….” 1(1):28–35.

Periyadi, Sulastini dan Akhmad Syamsudi. 2020. “Bidang Ilmu : Ekonomi LAPORAN UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN ( UNISKA ) MUHAMMAD ARSYAD AL-BANJARY BANJARMASIN.”

Pradiani, Theresia. 2018. “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan.” Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia 11(2):46–53. doi: 10.32812/jibeka.v11i2.45.

Putri, Raissa Amanda, and Salsalina Br Sembiring. 2021. “Implementation of Desktop Publishing Application for Flyer and Business Card Design with Participatory Action Research ( PAR ) Method.” 1:1–7.

Ratih, Purbasari, Muttaqin Zaenal, and Deasy Silvya. 2021. “Digital Entrepreneurship in Pandemic Covid 19 Era: The Digital Entrepreneurial Ecosystem Framework.” Review of Integrative Business and Economics Research 10(1):114–35.

Safitri, Nur Izah. 2021. “Pengorganisasian Pemuda Karang Taruna Dalam Mengurangi Limbah Cangkang Kerang Melalui Rumah Kreatif Di Desa Ngemplakrejo Kecamatan Panggungrejo Kota Pasuruan.”

Santosa, Agus. 2020. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Industri Kecil Menengah Kota Serang Di Masa Pandemi Covid-19.” Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia 5(11):1257. doi: 10.36418/syntax-literate.v5i11.1770.

Sari, Dian Nurvita, and Abdul Basit. 2020. “Media Sosial Instagram Sebagai Media Informasi Edukasi.” Persepsi: Communication Journal 3(1):23–36. doi: 10.30596/persepsi.v3i1.4428.

Sari, Rianita Puspa, and Deri Teguh Santoso. 2019. “Pengembangan Model Kesiapan UMKM Di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Media Teknik & Sistem Industri 3(1):37–42.

Sulaiman, Adhi Iman, Chusmeru Chusmeru, and Bambang Kuncoro. 2019. “The Educational Tourism (Edutourism) Development Through Community Empowerment Based on Local Wisdom and Food Security.” International Educational Research 2(3):p1. doi: 10.30560/ier.v2n3p1.

Sumarni, Yenti. 2020. “Pandemi Covid 19: Tantangan Ekonomi Dan Bisnis.” Al-Intaj Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah 2(1):46–58.

Sunardi, Nardi, and Rosa Lesmana. 2020. “Konsep Icepower (Wiramadu) Sebagai Solusi Wirausaha Menuju Desa Sejahtra Mandiri (DMS) Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Ilmiah Manajemen Forkamma 4(1):75–85.

Suwinardi, Suwinardi. 2019. “Langkah Sukses Memulai Usaha.” Orbith: Majalah Ilmiah Pengembangan Rekayasa Dan Sosial 14(3):195. doi: 10.32497/orbith.v14i3.1317.

Warmayana, I. Gede Agus Krisna. 2018. “Pemanfaatan Digital Marketing Dalam Promosi Pariwisata Pada Era Industri 4.0.” Pariwisata Budaya: Jurnal Ilmiah Agama Dan Budaya 3(2):81. doi: 10.25078/pba.v3i2.649.

Wibowo, Hery, Syahrul Hidayat, Hanifah Arroyana, Adrianti Nur Fitria Sofandi, Adit Djati Permana, and Naura Salsabila. 2018. “Edukasi Kewirausahaan Untuk Mengembangkan.” Jurnal Kolaborasi Resolusi Konflik 3(1):41–50.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

May Firdaw Arifiyyati, Ulin Nihayah, & Khusnul Khotimah. (2022). Edukasi Kewirausahaan Melalui Digital Marketing Home Industry Dodol Belimbing, Desa Mojo, Bojonegoro: Entrepreneurship Education Through Digital Marketing Home Industry Dodol Belimbing, Mojo Village, Bojonegoro. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 2(1), 89-104. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v2i1.283