PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN MELALUI KEGIATAN KEBUN GIZI DI DESA SUMBER MALANG, KECAMATAN WRINGIN, KABUPATEN BONDOWOSO

Authors

  • Aprilya Fitriani April IAIN Jember
  • Siti Muawanah Prodi Sejarah Peradaban Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember

DOI:

https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.158

Keywords:

Kebun Gizi, Penyuluhan, Sosialisasi, Hidroponik

Abstract

Kebun Gizi merupakan progam berbasis masyarakat sebagai upaya pemenuhan kebutuhan buah dan sayur dengan memanfatkan  lahan pekarangan maupun media lain seperti hidroponik atau menggunakan  media paralon. Dalam melakukan kegiatan kebun gizi mahasiswa mengadakan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat dan perangkat Desa Sumber Malang. Penyuluhan dan sosialisasi kebun gizi dilakukan pada tanggal 24 Februari 2021 di balai Desa Sumber Malang dengan mengumpulkan perangkat desa dan sebagian masyarakat Desa Sumber Malang Bersama mahasiswa KKN. Kegiatan ini disambut dengan baik oleh masyarakat Desa Sumber Malang sehingga banyak yang tertarik untuk membudidayakan kebun gizi yang berbasis hidroponik.   Tujuan  penyuluhan dan  sosialisasi kebun gizi adalah mengajak masyarakat desa untuk hidup sehat, memanfaatkan lahan yang sempit, lebih dari itu dapat meringankan dan membantu perekonomian masyarakat yang ada di Desa Sumber Malang. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini diawali dengan penyampaian materi dan penanaman tanaman hidroponik dan pupuk cair, selanjutnya praktek langsung kepada perangkat desa dan sebagian masyarakat Desa Sumber Malang mengenai cara mengelola kebun gizi yang baik dan benar. Hasil dari adanya penyuluhan dan  sosialisasi kebun gizi ini diharapkan bisa memberikan motivasi yang baik bagi masyarakat untuk menciptakan hidup yang sehat dan bersih, memanfaatkan lahan yang sempit  serta dapat meringankan dan membantu perekonomian masyarakat yang ada di Desa Sumber Malang.

References

Ahmad, Faqih. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Dan Penataan Pekarangan. ABDIMAS GALUH, 2(1).

Ashari, Saptana, Purwanti. (2016). Potensi Dan Prospek Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Mendukung Ketahanan Pangan. Inforum Penelitian Agro Ekonomi, 30(1).

Ayuningtyas, Cita Eri, Septian Emma Dwi J. (2019). Pemanfaatan Lahan Pekarangan Untuk Meningkatkan Gizi Keluarga. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Dewi, Prita Sari, Ida Widyawati. (2019). Pengenalan Teknologi Budidaya Tanaman Obat Sebagai Upaya Pemanfaatan Lahan Pekarangan Di Kelurahan Pabuwaran Purwokerto, Jawa Tengah. Jurnal Panrita Abdi, 2(2).

Humayrah, Wardina, Megah Stefani, Laila Febriana. (2020). Prokimas (Program Kebun Gizi Masyarakat) Di Komunitas BGJ, Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST), Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Jurnal Industri Kreatif dan Kewirausahaan, 3(2).

Mailina B, Octora G, Novrianti E. Budidaya Sayuran Secara Vertikultur.BTPT Lampung. http://lampung.litbang.pertanian.go.id/ind/index.php/berita/4-info-aktual/760-budidaya-sayuran-secara-vertikultur. Published 2016. Accessed 12 Maret 2021.

Munawaroh, Dewi Amalia. (2019). Optimalisasi pekarangan sebagai Kebun Gizi Keluarga: pendampingan masyarakat di Desa Ngadirejo Kecamatan Rengel Kabupaten Tuban. Thesis. UIN Sunan Ampel Surabaya.

Nadiyah, Nurfadhilah, Nurul Aisyah, Nurwahdania. (2021). Sosialisasi Rumah Bibit Model Kebun Gizi Pada Kelompok Roo Jao Mandiri Sebagai strategi Ketahanan Pangan Keluarga Di Kelurahan Jatiwangi Kota Bima. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 4(1).

Sutarminingsih CL. (2007). Vertikultur Pola Bertanam Secara Vertikal. 5th ed. Yogyakarta: Penerbit Kanisius

Taufik A., Muhammad, Anjas Madisah, Aji Hermawan DKK. (2019). Pemanfaatan Lahan Tidur Melalui Kegiatan Kebun Gizi Di Desa Salut, Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat. Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 1(2).

https://www.scribd.com/document/326120661/Kebun-Gizi (diakses pada Hari Rabu, 10 maret 2021 pukul 15.44 WIB)

http://www.depkes.go.id (diakses pada Hari Rabu, 10 maret 2021 pukul 16.14 WIB)

http://gizi.depkes.go.id/wp-content/uploads/2012/05/ped-ops-Kadarzi. pdf (diakses pada hari Rabu 10 maret 2021 pukul 16.33 WIB)

Downloads

Published

2021-10-21

How to Cite

April, A. F., & Muawanah, S. (2021). PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN MELALUI KEGIATAN KEBUN GIZI DI DESA SUMBER MALANG, KECAMATAN WRINGIN, KABUPATEN BONDOWOSO . NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(2). https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.158