Media Informasi Dan Perempuan Dalam Menghadapi Industri 4.0

Pengabdian Masyarakat Desa Ngemboh Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur

Authors

  • Suharnanik Suharnanik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Sucahyo Tri Budiono Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Yudi Harianto Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Ahmad Sufaidi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.156

Keywords:

Kata Kunci: Teknologi, Perempuan, Cyberfeminist.

Abstract

Media informasi memiliki peranan dalam mengubah persepsi perempuan tentang industri 4.0. Pelatihan pengembangan perempuan dalam menghadapi industri 4.0 ini dilakukan dalam rangka tugas tri dharma perguruan tinggi diantaranya mencakup pengabdian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam hal ini kami mendampingi para perempuan dalam pelatihan menghadapi industri 4.0. Pelatihan tersebut berisi tentang bagaimana membuat email, membuka account untuk memasarkan produk tertentu serta membuat konten kreatif dengan metode copywriting. Tujuan dari peningkatan kapasitas perempuan dalam menghadapi industri 4.0 ini adalah agar perempuan mampu bersaing dan mengembangkan usaha mandiri dari potensi daerahnya masing-masing. Kegiatan ini dilakukan di desa Ngemboh Kabupaten Gresik Jawa Timur. Metode yang dilakukan adalah pendekatan partisipasi warga masyarakat dengan melibatkan institusi pemerintah desa sebagai penyelenggaranya dan memfasilitasi kegiatan tersebut. Metode tersebut dianggap paling efektif dalam mendorong perubahan secara masif karena ada pihak tokoh masyarakat yang dilibatkan serta mampu menjaga untuk keberlanjutan dari apa yang telah diberikan selama pelatihan pengembangan tersebut. Hasil dari kegiatan tersebut mendapat respon yang cukup positif dengan dukungan para tokoh masyarakat terbukti dengan antusiasme perempuan dalam merespon selama pelatihan dan banyak bertanya terkait keadaan wilayahnya yang sulit untuk memasarkan produk lokalnya agar diketahui dunia luar.

References

Badan Pusat Statistik. (2018). Proporsi Individu Yang Menggunakan Internet Menurut Jenis Kelamin. https://doi.org/0216-5775

Bryman, A. (2003). Research methods and organization studies. (M. Bulmer, Ed.), Research Methods and Organization Studies. London and New York: Raja Grafindo Persada. https://doi.org/10.4324/9780203359648

Friedan, B. (1963). The Feminine Mystique. New York: W.W. Norton & Company. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=GYV-63KHXQ4C&printsec=frontcover&dq=inauthor:%22Betty+Friedan%22&hl=en&sa=X&ved=0ahUKEwiYzrrR_7HmAhVzmuYKHQUyANkQ6AEIKDAA#v=onepage&q&f=true

Fine, G. A. (2015). Participant Observation. In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.44041-9

Haraway, D. (1991). A Cyborg Manifesto: Science. Technology, and Socialist-Feminism in The. Retrieved from http://scholar.google.com/scholar?hl=en&btnG=Search&q=intitle:A+Cyborg+Manifesto#0

Nugraha, S. P., & Rahmawati, C. (2013). Maksimalisasi Potensi Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pengenalan Home Industri Pada Kaum Perempuan Di Desa. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(3), 173–177. Retrieved from http://journal.uii.ac.id/ajie/article/download/7873/6882

Pangaribuan, O. C., & Irwansyah, I. (2019). Media Cetak Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Pewarta Indonesia, 1(2), 134–145. https://doi.org/10.25008/jpi.v1i2.11

Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia. https://doi.org/10.31843/jmbi.v6i1.187

Sadiyoko, A. (2017). Industry 4.0 Ancaman, Tantangan atau Kesempatan. Oratio Dies XXIV FTI UNPAR, 1–36.

Suarmini, N. W., Zahrok, S., & Yoga Agustin, D. S. (2018). Peluang Dan Tantangan Peran Perempuan Di Era Revolusi Industri 4.0. IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 48. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4420

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK : Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(1), 102. https://doi.org/10.30737/jatiunik.v1i2.117

Suharnanik, S. (2020). Women and Make-Up: The Dilemma of Bourdieu’s Subjectivism-Objectivism on Social Media. The Journal of Society and Media, 4(1), 16. https://doi.org/10.26740/jsm.v4n1.p16-30

Straubhaar, J., & LaRose, R. (2000). Media Now : Communications Media in Information Age (2nd editio). USA: Wadsworth Thomson Learning.

Downloads

Published

2021-10-19

How to Cite

Suharnanik, S., Budiono, S. T., Harianto, Y., & Sufaidi, A. (2021). Media Informasi Dan Perempuan Dalam Menghadapi Industri 4.0: Pengabdian Masyarakat Desa Ngemboh Kecamatan Ujung Pangkah Kabupaten Gresik Jawa Timur. NGARSA: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 1(2), 167-176. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v1i2.156